DATARAN TINGGI DIENG

     Anda patut amat bersyukur  kepada Sang Kholiq yang mana Anda di lahirkan sebagai bangsa Indonesia yang notabenya merupakan belahan bumi yang di karuniai berbagai panorama keindahan alam yang terbentang dari ujung timur hingga ujung barat. Dataran tinggi Dieng merupakan salah satu dari sekian banyak kenampakan alam yang di miliki oleh bumi Indonesia. Dataran tinggi ini terletak 30 km dari kota Wonosobo, tepatnya di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Liburan lebaran kemaren penulis menyempatkan untuk mengunjungi tempat tersebut.
                    Dieng??? Apa sih???
Nama ‘Dieng’ sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu  “Di”  yang berarti tempat yang tinggi dan ”Hyang” yang artinya tempat para dewa dewi. Diartikan kemudian sebagai tempat kediaman para dewa dan dewi. Ada juga yang mengartikannya dari bahasa Jawa yaitu “adi” berarti indah, berpadu dengan kata “aeng” yang artinya aneh. Penduduk setempat kadang mengartikannya sebagai tempat yang indah penuh dengan suasana spiritual. Dataran tinggi Dieng bagaikan negeri di atas  awan. Terhampar di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut membuat udaranya sejuk dan menyegarkan serta ditutupi kabut tebal. Karena keindahannya yang menakjubkan inilah diyakini bahwa Dieng dipilih sebagai tempat yang sakral dan tempat bersemayamnya dewa dewi.
      Anda akan melihat lumpur mendidih yang mengeluarkan gelembung, danau belerang berwarna cerah, dan kabut tebal yang menyelimuti dataran tinggi Dieng. Melihat, merasakan, dan membayangkan tempat ini secara langsung akan membuat Anda memahami mengapa masyarakat Jawa menganggap Dieng sebagai tempat yang memiliki kekuatan supernatural. Saat terpesona dengan keindahan alam Dieng maka Anda sekaligus juga merasakan getaran misterius di tempat ini. Keindahan pemandangan alam kawasan Dieng telah banyak memukau wisatawan yang datang dan memberi kesan mendalam secara pribadi. Mulai dari danau-danau berwarna hijau dan kuning, airnya yang jernih dapat menjadi cermin, keindahan alam kawasan ini sungguh luar biasa.  Danau cermin ini merupakan fenomena keindahan dataran tinggi  Dieng yang sungguh mengagumkan.
     Jika Anda mendaki ke atas dataran tinggi Dieng maka seolah berada di puncak dunia. Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat melihat pemandangan danau yang berwarna-warni dan berkabut tebal di sekelilingnya.
     Dieng memiliki kekayaan alam dan kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Tak hanya Telaga Warna, telaga jelita dengan hutan lindung yang masih perawan di sekelilingnya yang di sebut sebut sebagai ikonnya namun dieng juga memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik yaitu Komplek candi Arjuna, Kawah sikidang, bukit di atas awan. penasaran??? nah , untuk lebih gamblangnya silahkan berkunjung ketempat yang sungguh indah ini!!! good luck!!!

0 comments:

Members